Trik Mengaktifkan Diagnostic Data Viewer Di Windows 10

  • Whatsapp

 Bedah Fitur Windows 10 ep.1: File Explorer!

Diantara kalian mungkin telah mengetahuinya, bahwa Microsoft menanamkan telemetri pada Windows 10. Telemetri ini mengambil data dan mengirimkannya ke Microsoft. Data yang diambil umumnya berupa user experience. Menurut Microsoft, hal ini dilakukan biar mampu melaksanakan kenaikan produk Windows 10 itu sendiri, dengan mengetahui prilaku acara pengguna yang diantarmelalui telemetri.

Semenjak Windows 10 Build 17083 dirilis, terdapat program pembaruan yang bernama Diagnostic Data Viewer. Fungsinya yaitu untuk memperlihatkan data diagnostic yang mau dikirimkan ke Microsoft. Secara default program ini gak aktif, bila kau ingin mengaktifkannya berikut WinPoin bisa berikan langkah-langkahnya.

Mengaktifkan Diagnostic Data Viewer on Windows 10

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke Privacy – Diagnostics & feedback.
  3. Pada panel kanan, switch ke On pada menu Diagnostic Data Viewer. Jika sudah klik opsi Diagnostic Data Viewer.
  4. Kemudian kau bisa diarahkan ke program Diagnostic Data Viewer on Microsoft Store, klik Get untuk mendownload apps tersebut.
  5. Done.

Diagnostic Data Viewer

Ketika app dikerjakan, maka siap tertampil daftar data yang mau diantarkan berserta rincian dari data tersebut pada panel kanan.

Kamu juga mampu mencari Diagnostic Data menurut aktivitas yang dikerjakan. Caranya dengan trik memilih berdasarkan kategori yang tersedia. Sayangnya, membaca data ini cukup susah bagi orang awam karena ditulis dengan menggunakan bahasa pemograman JSON.

Selain itu, sobat juga dapat meng-exportnya dalam bentuk CSV file. Caranya klik pilihan Export Data dan tentukan dimana file akan tersimpan.

File dalam format CSV ini bisa anda buka dengan Office Excel.

Perlu kau pahami, diharapkan ruang penyimpanan sekitar 1 GB kalau kau ingin mengaktifkan Diagnostic Data Viewer. Semoga berguna.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *