Tips dan Trik Melacak Balik Ip Address From Email Yang Kita Terima

  • Whatsapp

 Bedah Fitur Windows 10 ep.1: File Explorer!

Mungkin kamu ialah orang yang seperti aku, saban hari berurusan dengan email dan mesti memanajemen email untuk pekerjaan sehari-hari. Terkadang kita mendapatkan email yang mencurigakan dalam bentuk penipuan atau spam penawaran spesial yang gak berkhasiat. Dalam masalah yang lebih parah lagi, misalnya ancaman terhadap kau dan keluarga, maka mungkin anda perlu untuk melacak balik posisi pengirim email menurut IP Address Email yang kita terima. Jika sobat berada pada suasana tersebut atau situasi lain yang mewajibkan ente melacak pengantaremail tertentu, maka tampaknya ente memerlukan tips inilah ini.

Sebelumnya, aku perlu mengungkapkan bahwa pola yang saya gunakan untuk sini adalah menggunakan gmail, alasannya email utama aku menggunakan gmail sebagai penyedia layanan. Namun secara umum, jikalau kau menggunakan tipe email lain, maka caranya kurang lebih seperti, yakni mempergunakan Full Email Header yang lazimnya dapat kau peroleh pada menu drop-down pada sudut kanan atas layanan email web untuk PC kau. Oya, menggunakan klien web akan lebih gampang dalam mengaplikasikan kiat ini karena kemampuan aplikasi lazimnya jauh lebih terbatas daripada web.

Contoh kasusnya, ente mendapatkan sebuah email scam atau warning yang ingin sobat telusuri from mana pengirimnya. Kamu perlu membuka Full Email Header dengan kiat mengklik sajian dropdown on sudut kanan atas email pada ketika posisi email dibuka, lalu pilih show original atau tampilkan yang orisinil.

Banyak berita yang bisa kau peroleh from Email Header ini. Agar gak bertele-tele, pribadi saja saya sampaikan bahwa untuk menerima IP-Address pengirim email, kita perlu menilik IP Address yang disebutkan pada baris “Received: from“. Ada dua baris “Received: from” yang ditampilkan pada Email header. Yang pertama yakni IP address server yang meneruskan email tersebut ke alamat email kita.

Dalam pola observasi email pada atas, IP address server tersebut yakni:

Received: from sonic305-22.consmr.mail.ne1.yahoo.com (sonic305-22.consmr.mail.ne1.yahoo.com. [66.163.185.148])

Jika kita melanjutkan pencarian, “Received: from” yang kedua bisa memperlihatkan alamat IP asal. Namun sayangnya, dalam perkara email yang saya terima, tampaknya pengirim sudah menyembunyikan IP Addressnya, sehingga cuma terbaca seperti ini.

Received: from sonic.gate.mail.ne1.yahoo.com by sonic305.consmr.mail.ne1.yahoo.com with HTTP; Mon, 20 Aug 2018 20:52:39 +0000

Jika pengantartidak menyembunyikannya, maka IP Address pengantarjuga bisa ditampilkan untuk situ.

Kita dapat menjajal melaksanakan pencarian dengan memanfaatkan tool yang bernama Email Trace. Untuk mempergunakan Email Trace, ente perlu menyalin Email Header kau mulai dari baris Received: from yang pertama hingga baris yang mencantumkan Content-Length. Sorot, lalu salin keseluruhan baris.

Kemudian tempel pada kolom kedua. Sementara itu tuliskan alamat email pengirim untuk memperkuat akurasi hasil penelusuran.

Setelah mengklik Verify, maka ente akan mendapatkan informasi mengenai IP Address yang dicari serta peta lokasinya.

Akurasi penelusuran ini mungkin gak senantiasa sempurna, karena banyak kemungkinan seperti misalnya pengirim email memakai VPN atau menutup IP Address-nya dengan tool tertentu untuk menyamarkan diri.

Namun trik ini merupakan wawasan yang bagus untuk kau pelajari.

Kamu punya trik lain untuk melacak alamat email? Bagikan wawasan kau pada kolom komentar!

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *