Review Samsung Galaxy M31 : Sebanding Kah ?

  • Whatsapp

Samsung memperluas jajaran segmen anggarannya dengan meluncurkan smartphone seri M terbaru. Perusahaan telah meluncurkan Galaxy M31dengan harga mulai dari Rp 3.424.000. Smartphone ini hadir dengan prosesor yang kompeten, baterai besar dan pengaturan quad-camera.

Perusahaan menawarkan paket yang bagus pada titik harga ini yang pasti akan memberikan persaingan yang ketat kepada orang lain. Kami mendapat kesempatan untuk menggunakan Samsung Galaxy M31 untuk sementara waktu dan inilah ulasan lengkap kami ulasan

Bacaan Lainnya

Samsung Galaxy M31: Desain

Samsung Galaxy M31 telah meminjam desainnya dari pendahulunya – Galaxy M30. Sekilas memang agak sulit membedakan kedua perangkat tersebut. Smartphone ini hadir dengan layar Infinity U 6,4 inci yang dikelilingi oleh bezel yang tidak terlalu tipis di semua sisi. Smartphone ini memiliki fitur tepi yang halus dan sudut membulat, yang membuatnya nyaman untuk memegang perangkat. Selain layarnya yang besar, bagian depannya juga memiliki kamera selfie 32MP.

Sisi kanan menampung volume rocker dan tombol daya dan sisi kiri adalah tempat baki kartu SIM dan slot kartu microSD. Speaker mono, port pengisian USB Type-C, dan jack audio 3,5mm terletak di bagian bawah perangkat. Samsung Galaxy M31 hadir dengan panel belakang mengkilap yang menarik banyak sidik jari. Panel belakang terdiri dari pengaturan quad-camera, sensor penjarian, dan branding Samsung.

Review Samsung Galaxy M31: Tampilan

Samsung Galaxy M31 memiliki fitur layar full HD + AMOLED 6,4 inci dengan resolusi 2340×1080 piksel. Layarnya dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3 di bagian atasnya. Layarnya menawarkan sudut pandang yang lebar dan layar yang lebih besar membuat menonton film dan bermain game menjadi menyenangkan. Layar dilengkapi dengan filter cahaya Biru biasa yang mengurangi ketegangan pada mata dengan membatasi jumlah emisi cahaya Biru.

Ada juga mode gelap yang akan mengubah seluruh ponsel menjadi warna gelap. Anda dapat mengaktifkan mode gelap secara manual dengan membuka menu pengaturan atau menjadwalkannya untuk diaktifkan secara otomatis. Ada juga opsi yang disebut ‘Accidental touch protection’ yang dapat mencegah sentuhan tidak disengaja pada layar. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan tampilan selalu aktif yang menunjukkan waktu, tanggal, dan notifikasi yang tertunda.

Review Samsung Galaxy M31: Kinerja

Samsung Galaxy M31 ditenagai oleh prosesor Exynos 911 octa-core 10nm milik Samsung sendiri. Perusahaan belum meningkatkan smartphone dalam hal prosesor seperti pendahulunya – Galaxy M30s juga ditenagai oleh chipset yang sama. Smartphone ini mengemas 6GB RAM dan hadir dalam dua varian penyimpanan – 64GB dan 128GB. Pengguna selanjutnya dapat memperluas penyimpanan hingga 512BG dengan menambahkan kartu microSD.

Dibandingkan dengan Galaxy M30, Samsung Galaxy M31 hadir dengan peningkatan kapasitas RAM yang membuat multitasking lancar. Kami tidak menyaksikan adanya kelambatan atau penutup saat menggunakan telepon. Perangkat ini bekerja cukup lancar dan cepat saat berpindah aplikasi dan juga selama bermain game kasual. Sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang juga bekerja cepat dalam membuka kunci perangkat.

Samsung Galaxy M31 menjalankan sistem operasi Android 10 dengan lapisan One UI 2.0 milik perusahaan. Antarmuka pengguna cukup bersih dan ikon aplikasi besar memberikan tampilan yang bagus ke perangkat. Ada juga laci aplikasi tempat pengguna dapat menyembunyikan semua aplikasi dan menjaga layar beranda tetap rapi.

Seperti smartphone Samsung lainnya, yang satu ini juga dilengkapi dengan semua aplikasi Samsung biasa bersama dengan beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, Amazon, Snapchat, dan lainnya. Samsung belum memasukkan Bixby di Galaxy M31 dan bersama dengan ini aplikasi Bixby Vision juga hilang dari perangkat. Perangkat ini juga dilengkapi dengan opsi Digital Wellbeing dan Parental Control yang terdiri dari berbagai gerakan biasa. Misalnya,

Samsung Galaxy M31: Kamera

Kamera adalah salah satu pembaruan utama yang hadir dengan Galaxy M31. Galaxy M30s memiliki tiga kamera belakang, sedangkan Galaxy M31 memiliki pengaturan quad-camera. Kamera belakang perangkat terdiri dari sensor utama 64MP, kamera makro 5MP, lensa ultra-lebar 8MP, dan sensor kedalaman 5MP. Di bagian depan, Anda akan menemukan kamera selfie 32MP.

Perusahaan mengklaim bahwa kedua kamera tersebut mampu merekam video 4K. Samsung juga menambahkan Mode Malam di kamera untuk pengalaman fotografi yang lebih baik. Seperti biasa, aplikasi kamera Samsung cukup bersih dan mudah digunakan dan pengguna dapat menemukan berbagai mode untuk memotret di dalam aplikasi. Bersamaan dengan ini, aplikasi juga menawarkan sakelar yang memungkinkan pengguna untuk beralih antara kamera lensa utama dan sudut lebar.

Ada juga Pengoptimal Pemandangan yang ada di aplikasi, yang dengan cepat mendeteksi pemandangan dan menyiapkan kamera yang sesuai. Kami cukup puas dengan hasil kamera Samsung Galaxy M31. Perangkat ini cepat fokus dan juga menawarkan banyak detail dalam gambar yang diambil. Berayun pada kamera lensa sudut lebar menawarkan bidang pandang yang lebih luas bersama dengan beberapa gambar yang sangat bagus.

Namun demikian, kami secara pribadi menyukai kamera makro yang menawarkan gambar yang sangat detail. Gambar yang diambil di siang hari lebih baik dibandingkan dengan yang diambil di dalam ruangan. Mode Malam yang tergabung dalam perangkat juga melakukan pekerjaan yang cukup baik dan mengurangi noise dari gambar yang diambil pada malam hari. Kamera selfie 32MP melakukan pekerjaan yang memuaskan karena selfie yang diambil di dalam dan di luar ruangan ternyata bagus. Perangkat ini cepat fokus dan juga menawarkan banyak detail dalam gambar yang diambil.

Berayun pada kamera lensa sudut lebar menawarkan bidang pandang yang lebih luas bersama dengan beberapa gambar yang sangat bagus. Namun demikian, kami secara pribadi menyukai kamera makro yang menawarkan gambar yang sangat detail. Gambar yang diambil di siang hari lebih baik dibandingkan dengan yang diambil di dalam ruangan. Mode Malam yang tergabung dalam perangkat juga melakukan pekerjaan yang cukup baik dan mengurangi noise dari gambar yang diambil pada malam hari. Kamera selfie 32MP melakukan pekerjaan yang memuaskan karena selfie yang diambil di dalam dan di luar ruangan ternyata bagus. Perangkat ini cepat fokus dan juga menawarkan banyak detail dalam gambar yang diambil.

Berayun pada kamera lensa sudut lebar menawarkan bidang pandang yang lebih luas bersama dengan beberapa gambar yang sangat bagus. Namun demikian, kami secara pribadi menyukai kamera makro yang menawarkan gambar yang sangat detail. Gambar yang diambil di siang hari lebih baik dibandingkan dengan yang diambil di dalam ruangan. Mode Malam yang tergabung dalam perangkat juga melakukan pekerjaan yang cukup baik dan mengurangi noise dari gambar yang diambil pada malam hari.

Kamera selfie 32MP melakukan pekerjaan yang memuaskan karena selfie yang diambil di dalam dan di luar ruangan ternyata bagus. kami secara pribadi menyukai kamera makro yang menawarkan gambar yang sangat detail. Gambar yang diambil di siang hari lebih baik dibandingkan dengan yang diambil di dalam ruangan. Mode Malam yang tergabung dalam perangkat juga melakukan pekerjaan yang cukup baik dan mengurangi noise dari gambar yang diambil pada malam hari. Kamera selfie 32MP melakukan pekerjaan yang memuaskan karena selfie yang diambil di dalam dan di luar ruangan ternyata bagus.

kami secara pribadi menyukai kamera makro yang menawarkan gambar yang sangat detail. Gambar yang diambil di siang hari lebih baik dibandingkan dengan yang diambil di dalam ruangan. Mode Malam yang tergabung dalam perangkat juga melakukan pekerjaan yang cukup baik dan mengurangi noise dari gambar yang diambil pada malam hari. Kamera selfie 32MP melakukan pekerjaan yang memuaskan karena selfie yang diambil di dalam dan di luar ruangan ternyata bagus.

Samsung Galaxy M31: Baterai

Samsung Galaxy M31 didukung oleh baterai besar 6000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 15W. Tidak seperti pembuat smartphone lainnya, Samsung telah memasukkan pengisi daya cepat di dalam kotak. Kami dapat melewati hari penggunaan campuran dengan sekali pengisian daya, berkat baterai kuat yang dikemas Samsung.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M31 adalah pilihan yang baik jika Anda mencari perangkat di bawah Rp 3.424.000. Ini menawarkan beberapa spesifikasi yang sangat bagus seperti pengaturan quad-camera dan baterai 6000mAh dan itu juga dengan dukungan pengisian cepat. Dari segi performa juga smartphone tidak akan mengecewakan Anda. Smartphone berada di bawah segmen anggaran tetapi tidak terlihat seperti itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *