Review OnePlus Nord

  • Whatsapp

OnePlus Nord dengan mudah menjadi salah satu smartphone yang paling banyak dibicarakan di tahun 2020. Selain hype, Anda tidak bisa mengabaikan betapa miripnya Nord jika dibandingkan dengan smartphone unggulan OnePlus 8.

Selain itu, jika bukan karena merek OnePlus dan warna Biru atau Abu-abu yang unik, OnePlus Nord juga akan mengingatkan Anda tentang Realme X3. Dengan Nord, OnePlus mengikuti trik yang telah dicoba dan diuji untuk kembali di segmen smartphone kelas menengah.

Beberapa penggemar smartphone tidak terlalu senang dengan harga beberapa peluncuran terbaru dari OnePlus. Nord adalah pengingat bahwa perusahaan belum meninggalkan segmen nilai-untuk-uang. Meskipun mungkin tampak seperti masalah besar bagi OnePlus untuk meluncurkan ponsel baru di segmen Rs 25.000-Rs 30.000, tidak dapat disangkal bahwa ada ponsel seperti itu.

Samsung Galaxy A51 , Realme X3 dan Redmi K20 Pro , yang masih menjadi pesaing kuat di kisaran ini.

OnePlus pasti mendapatkan harga yang benar kali ini dan dengan semua hype di sekitar, Nord sebenarnya dapat membantu OnePlus mendapatkan tag ‘nilai-untuk-uang’ lagi. Namun, harga awal Rs 25.000 masih banyak uang dan tidak lupa bahwa ada iPhone SE baru yang terjangkau juga. Setelah menggunakan OnePlus Nord (opsi penyimpanan 12GB RAM / 256GB) selama sekitar dua minggu, berikut adalah ulasan kami.

Varian OnePlus dan harga

Di India,

  • OnePlus Nord 6GB / 64GB: Rs 24.999 (Rp 4,8 juta, 6 GB/128 GB)
  • OnePlus Nord 8GB / 128GB: Rs 27.999 (Rp 5,4 juta, 8 GB/128 GB)
  • OnePlus Nord 12GB / 256GB: Rs 29.999(Rp 5,8 juta 12 GB/256 GB)

Desain

OnePlus Nord OnePlus Nord memamerkan desain yang sudah dikenal dan perusahaan belum mencoba banyak bereksperimen di sini. Karena itu, OnePlus telah memberikan perhatian ekstra dan tidak terlihat seperti perangkat run-of-the-mill.

OnePlus Nord terasa premium untuk disentuh dan bobotnya seimbang. Handset ini mudah digenggam dan terasa sangat kompak untuk dipegang. Perangkat ini hadir dalam dua pilihan warna: Blue Marble dan Grey Onyx. Varian warna Biru terlihat lebih cerah dan premium. Dan warna unik inilah yang membuat kepala menoleh.


Ini adalah perangkat serba kaca dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang. Untungnya, OnePlus menawarkan kasing bening lembut yang bergaya di luar kotak. Ini penting karena Nord hadir dengan bingkai plastik dan bukan logam.

Meskipun perangkat ini terasa kokoh, tetapi bingkai plastik dan bodi kaca tidak akan membuat Anda merasa percaya diri. Tidak ada peringkat IP untuk tahan debu dan air, namun, OnePlus mengklaim bahwa Nord dapat menahan percikan.

OnePlus mempertahankan tombol slider di sisi kanan bersama dengan tombol power / bangun. Sisi Nord yang mengkilap tampak hebat dan secara keseluruhan, Anda pasti ingin memamerkan ponsel ini.

Tidak ada jack headphone 3,5 mm. Anda harus mengandalkan port Type-C untuk daya dan koneksi headphone. Ini adalah ponsel dual-SIM dan seperti semua ponsel OnePlus tidak ada slot kartu microSD.

Layar OnePlus Nord Tampilannya

sangat mirip dengan OnePlus 8 . OnePlus tampaknya tidak berkompromi dengan tampilan. OnePlus Nord menampilkan layar AMOLED 6,44 inci dengan resolusi 2400 x 1080 piksel dan kerapatan piksel 408 ppi. Ada kecepatan refresh 90Hz dan rasio aspek 20: 9 membuat layar 6,44 inci mudah dipegang. Karena itu, perangkat terasa agak gondrong dan perlu beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan faktor bentuk, terutama saat bermain game seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends.

Sungguh menyenangkan menonton film atau streaming konten di perangkat. Warnanya cerah, Anda tidak akan memiliki keluhan tentang sudut pandang dan keterbacaan sinar matahari juga bagus. Nord menawarkan beberapa mode seperti Video Enhancer, Reading Mode dan Night Mode untuk menyesuaikan pengaturan tampilan sesuai kebutuhan.

Jika Anda belum pernah menggunakan ponsel layar berlubang ganda, Nord pada awalnya akan sedikit mengganggu. Anda selalu dapat mengubah area tampilan kamera untuk menyembunyikan lubang punch sepenuhnya. Selain itu, meskipun kecepatan refresh 90Hz terdengar bagus, perhatikan bahwa ini menghabiskan baterai lebih cepat. Anda memiliki opsi untuk menyetelnya ke 60Hz saat Anda tidak membutuhkannya.

Kamera OnePlus Nord

OnePlus Nord hadir dengan total enam kamera – 4 di belakang dan 2 di depan. OnePlus Nord memiliki sensor utama Sony IMX586 48MP dengan aperture OIS, EIS, f / 1.75 bersama dengan tiga sensor sekunder 8MP, 2MP dan 5MP. Ada Dual LED flash, multi autofocus (PDAF + CAF).

Perangkat ini mendukung perekaman video 4K pada 30 fps, 1080pvideoat 30/60 fps, Super Slow Motion pada 1080p pada 240 fps dan Time-lapse pada 4K / 30 fps dan 1080p / 30 fps. Perhatikan bahwa OnePlus Nord tidak mendukung mikrofon eksternal saat merekam video.

Kualitas kamera secara keseluruhan menyenangkan tapi jelas bukan yang terbaik. Ini karena selama Anda menggunakan kamera utama– Sony IMX586 48MP– hasilnya bagus. Tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk sensor sekunder.

Warnanya tajam tanpa saturasi berlebih yang tidak diinginkan dan gambar datang dengan detail yang bagus. Namun pengalaman kamera sangat bergantung pada pencahayaan keseluruhan dan lensa yang Anda gunakan. Kami menemukan bahwa output gambar cukup bagus dalam kondisi pencahayaan yang layak, tetapi bidikan cahaya rendah mungkin tidak terlalu mengesankan Anda.

Selain itu, jika Anda memperbesar atau memilih bidikan sudut ultra lebar, warna dan detailnya agak kabur. Tak ketinggalan, lensa makro tidak memenuhi standar. Nyatanya, tidak mudah untuk mendapatkan bidikan makro yang mendetail menggunakan Mode Makro.

Fokus juga menjadi masalah dan jelas bukan yang tercepat. Terutama dalam kondisi pencahayaan rendah atau campuran, dibutuhkan waktu untuk fokus pada subjek. Secara keseluruhan, kamera utama 48MP memberikan dan menetapkan harapan yang tidak dapat ditandingi oleh lensa atau mode kamera lain.

OnePlus Nord hadir dengan kamera depan ganda dengan sensor 32MP dan 8MP. Kamera selfie OnePlus Nord memiliki sensor SonyIMX616 32MP dengan aperture f / 2.45 bersama dengan sensor sekunder aperture 8MP f / 2.45. Kamera depan menawarkan perekaman video 4K pada 30/60 fps, video 1080p pada 30/60 fps, Selang waktu.

Kamera depan menghasilkan foto selfie berkualitas baik untuk penggunaan media sosial.
Perhatikan bahwa OnePlus Nord tidak dilengkapi dengan dukungan untuk mikrofon eksternal. Jadi, merekam audio akan menjadi masalah jika Anda berencana menggunakan Nord untuk vlogging.

OnePlus Nord Perangkat lunak dan kinerja

OnePlus Nord OnePlus Nord memberikan jeda yang menyegarkan dari UI yang sangat disesuaikan dengan bloatware. Ini menjalankan OxygenOS10.5 berdasarkan Android 10 dan terlihat sangat bersih dibandingkan dengan ponsel lain dalam kisaran harga ini. UI bersih dan tidak memiliki bloatware atau alat menarik perhatian yang tidak perlu.

Perangkat tersebut ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 765G 5G dengan GPU Adreno 620. Belum ada 5G di Indonesia dan karena OnePlus menjanjikan 2 tahun peningkatan Android dan 3 tahun pembaruan keamanan, memiliki dukungan 5G tidak ada salahnya karena kita mungkin mendapatkan 5G di Indonesia saat itu.
Perangkat ini hadir dalam tiga opsi RAM dan penyimpanan – 6GB / 64GB, 8GB / 128GB dan 12GB / 256GB.

Muncul dengan pemindai sidik jari dalam layar bersama dengan dukungan untuk Face Unlock. Pemindai sidik jari bukanlah yang tercepat dalam bisnis ini. Ini adalah ponsel SIM ganda dengan dukungan 4G di kedua slot SIM. Seperti semua ponsel OnePlus, tidak ada slot kartu microSD. Juga, ada Bluetooth 5.1, NFC, GPS, dan NavIC.
Berbicara tentang kinerja, perangkat ini bekerja dengan baik dalam hal bermain game dan multitasking. Namun, ini bukan yang tercepat. Anda mungkin melihat sedikit kelambatan saat membuka game berat seperti Call of Duty Mobile.

Saat bermain game, perkirakan perangkat menjadi panas tetapi tidak akan memperlambat
ponsel. Secara keseluruhan, perangkat berhasil menawarkan pengalaman yang lancar tanpa gangguan perangkat lunak atau aplikasi mogok. Untuk pengguna biasa, yang sesekali bermain game, Nord akan dengan mudah memenuhi semua tuntutan kinerja Anda.

Baterai

OnePlus Nord OnePlus Nord didukung oleh 4115 mAh dengan pengisian cepat WarpCharge 30T (5V / 6A). Perangkat ini dengan mudah bertahan sehari pada penggunaan campuran yang termasuk game kasual. Perangkat membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk terisi penuh. WarpCharge 30T sangat menyenangkan karena Anda bisa mendapatkan sekitar 50% waktu baterai dengan mengisi baterai selama 30 menit.

Penutup

OnePlus Nord adalah pilihan yang baik di segmen 4 s/d 5 juta. Jika Anda adalah pengguna rata-rata, sebaiknya pilih varian low-end dengan RAM 6GB untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika Anda pernah ingin membeli OnePlus 8 tetapi harganya menghalangi Anda, maka Nord adalah kesempatan yang tepat untuk mendapatkan pengalaman andalan OnePlus dengan harga lebih murah.

Nord adalah paket keseluruhan yang bagus tetapi jangan berharap itu menjadi pengganti perangkat andalan sejati yang menjalankan prosesor seri Snapdragon 800 terbaru. Karena itu, masa pakai baterai yang baik dan janji peningkatan perangkat lunak tepat waktu menjadikan Nord pilihan menarik di bawah 6 jt.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *