Review Lenovo Yoga C940

  • Whatsapp

 

L

enovo’s Yoga-series adalah nama yang hampir identik dengan laptop convertible 2-in-1 karena Lenovo adalah salah satu merek pertama yang hadir dengan ide laptop convertible dengan desain engsel 360 derajat. Idenya adalah memiliki perangkat yang dapat dilipat menjadi tablet dan menjadi laptop yang lengkap, memberikan pengguna yang terbaik dari kedua dunia dalam satu mesin.

Laptop Yoga pertama diluncurkan pada tahun 2012 dan sejak itu, perusahaan telah meluncurkan beberapa model baru di bawah jajarannya. Yang terbaru adalah Yoga C940, penerus Yoga 930. Walaupun laptop ini tidak murah, dengan harga mulai Rp25.499.000, ekspektasi pasti tinggi. Mari kita cari tahu apakah Yoga C940 sepadan dengan label harga itu atau Anda harus mencari yang lain.

Lenovo Yoga C940: Desain dan Tampilan

Ada pepatah lama yang berbunyi seperti ini: jika tidak rusak, jangan perbaiki, dan tampaknya Lenovo telah memasukkan pepatah itu ke dalam hati. Tidak banyak yang berubah di sini dalam hal desain. Alih-alih membuat desain yang benar-benar baru, Lenovo mencoba menyempurnakan desain generasi sebelumnya dari C930. Sederhananya, C940 lebih pada penyempurnaan dan peningkatan yang sebenarnya penting bagi pengguna dan bukan beberapa perubahan kosmetik yang tidak perlu.

Yoga C940 memiliki fitur desain edgy yang ringkas dan ringan yang hampir serupa dari generasi sebelumnya dan beratnya hanya 1,35Kg, yang relatif baik dan dapat diterima sesuai standar tahun 2020. Seluruh laptop terbuat dari aluminium, yang memberikan tampilan dan nuansa premium serta menambah kualitas rakitan. Tidak ada kelenturan di layar serta area dermaga keyboard yang tinggi.

Semua I / O ditempatkan di sisi kiri laptop, dan jika Anda khawatir dengan port USB normal alias port USB Type-A, jangan khawatir. Lenovo telah berhasil memasukkan setidaknya satu dari mereka bersama dengan dua port USB Type-C. Sisi kanan laptop memiliki tombol power.

Mengambil tentang tampilan, Yoga C940 memiliki fitur layar 1080p 14 inci. Pengguna juga dapat memilih panel 4K, jika mereka mau. Panel 1080p di unit review kami cerah dan menghasilkan warna yang tajam dan hidup juga. Sudut pandang juga bagus.

Tapi, penghenti laptop adalah engsel ‘satu bagian’ baru, bukan engsel dua bagian dari C930. Desain engsel yang baru membuat laptop terlihat lebih ramping dan juga lebih tahan lama. Tapi, bukan itu, engselnya juga berfungsi ganda sebagai speaker yang bekerja bersama dua speaker tambahan di bagian bawah laptop.

Lenovo Yoga C940: Kinerja

Meskipun ada beberapa konfigurasi berbeda dari laptop yang tersedia, unit kami di sini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 1065G7 generasi ke-10 dan RAM 16GB DDR4X. Laptop ini juga dilengkapi dengan Windows 10 yang sudah diinstal sebelumnya di dalamnya

Prosesor Intel Core generasi ke-10 menghadirkan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya dan yang dapat dirasakan pada mesin ini. Kami mencoba menggunakannya untuk beberapa tugas selama pengujian kami, seperti pekerjaan kantor sehari-hari, termasuk mengerjakan pengolah kata, mengelola email, menjelajahi, dan mengedit foto, video, dan lainnya. Selain itu, kami juga mencoba memainkan beberapa game ringan seperti Asphalt 9, CS: GO, dan Dota 2.

Laptop ini bekerja cukup baik selama penggunaan sehari-hari dan berhasil menangani penjelajahan web yang berat tanpa berkeringat. Bahkan berhasil membuat beberapa foto dengan banyak lapisan di Adobe Photoshop tanpa tanda-tanda pelambatan atau pelambatan termal.

Sebelumnya, mari kita bahas tentang performa gaming. Lenovo Yoga C940hadir dengan grafis Intel Iris terintegrasi, yang berhasil menghasilkan frekuensi gambar yang layak di beberapa game ringan seperti Asphalt 9.

Tetapi Anda mungkin harus mengubah pengaturan grafis ke sedang atau rendah untuk mendapatkan frekuensi gambar yang layak untuk beberapa game multipemain terkenal. Kami senang melihat setidaknya laptop ini mampu menangani game ringan. Namun, pada harga ini, memiliki GPU khusus setidaknya sebagai opsi akan sangat bagus.

Keyboard pada Yoga C940 bagus dan kami menyadari bahwa ini mungkin salah satu keyboard yang lebih baik pada laptop Windows yang pernah kami lihat sejauh ini. Tombolnya kokoh dan memberikan umpan balik yang baik saat ditekan. Trackpad di laptop ini juga responsif dan mendukung semua gerakan Windows 10, berkat Windows Precision Drivers.

Laptop ini memiliki sistem quad-speaker dengan dukungan Dolby Atmos. Di atas kertas, pengeras suara seharusnya terdengar cemerlang, tetapi bukan itu masalahnya di sini. Tidak terdengar buruk dengan cara apa pun, tetapi teknologi Dolby Atmos onboard lebih merupakan tipu muslihat pemasaran. Speaker di laptop ini sedikit di atas rata-rata dan tidak sekeras yang seharusnya, dan terkadang terdengar teredam. Kami bahkan mencoba memperbarui driver audio, tetapi itu tidak membantu.

Lenovo Yoga C940: Baterai

Cadangan baterai di laptop ini tidak menjadi masalah. Kami berhasil mengaduk sekitar 8 jam dengan penggunaan normal. Namun, saat menggunakan Photoshop, kami hanya berhasil mendapatkan masa pakai baterai 5 jam, yang masih merupakan masa pakai baterai yang cukup baik untuk mesin Windows.

Selain itu, laptop mendukung pengisian daya melalui USB Type-C dan pengisi daya yang disertakan berhasil mengisi daya dari 0 hingga 100 hanya dalam waktu kurang dari 3 jam. Kami tidak dapat mengisi daya laptop ini menggunakan pengisi daya USB Type-C lainnya.

Lenovo Yoga C940: Kesimpulan

Yoga C940 adalah laptop Windows yang serbaguna, ringan, dan bertenaga dengan kualitas build premium dan label harga. Bagi mereka yang tidak menginginkan MacBook dan mencari laptop Windows yang menawarkan kualitas dan kinerja yang baik dengan harga tertentu, Lenovo C940 layak untuk dilihat dan mengedepankan warisan dari seri Yoga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *