Review Asus ZenBook 14 UX425 : Laptop dengan Performa nyata

  • Whatsapp

Merek elektronik asal Taiwan yakni  Asus, baru-baru ini memperluas jangkauan laptopnya di Indonesia. Perusahaan memiliki tambahan baru yang disebut Asus ZenBook 14 UX425 ke seri ZenBook -nya. Harganya Rp17.299.000 dan ditawarkan dalam pilihan warna Pine Grey. Kami menggunakan perangkat untuk beberapa waktu dan berikut ulasannya.

Asus ZenBook 14 UX425: Desain

Asus ZenBook 14 UX425 mengusung desain bodi tipis yang ringan. Laptop ini setipis 14mm dan berat 1,17kg. Ukuran laptop hampir sempurna. Itu tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Perangkat ini portabel dan dapat dengan mudah masuk ke dalam tas. Sasisnya terbuat dari paduan aluminium potongan berlian dan menahan kuat di engselnya. Jadi tidak ada goyangan layar dan masalah terkait.

Laptop ini memiliki desain matte yang tidak mudah ditutupi sidik jari atau goresan lainnya. Ini memiliki build yang bagus dan dapat dengan mudah disebut tahan lama.

Di sisi kanan atas laptop, Anda akan menemukan port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A bersama dengan pembaca kartu microSD. Di sisi kiri ada dua port USB Type-C, dan satu port HDMI 2.0 standar. Laptop ini memiliki fitur speaker ganda yang ditempatkan di tepi bawah perangkat.

Asus ZenBook 14 UX425 hadir dengan desain keyboard edge-to-edge. Keyboard memiliki lampu latar, sehingga mudah digunakan di tempat gelap. Keyboard menawarkan tombol berbentuk piring bersama dengan perjalanan tombol yang panjang.

Muncul dengan banyak tombol fungsional independen seperti Home, Page Up, Page Down dan End. Selain itu, keyboard laptop menawarkan akses satu sentuhan ke fungsi seperti mengunci sistem atau mengaktifkan / menonaktifkan touchpad atau mematikan webcam.

Keyboard tersebut terintegrasi dengan touchpad yang ukurannya optimal. Panel sentuh memiliki sensor satu sentuhan di kanan atas untuk mengaktifkan / menonaktifkan Papan Angka dan ikon lain di kiri atas untuk memilih di antara dua tingkat kecerahan. Seseorang selalu dapat memilih untuk menyesuaikan kecepatan kursor di Pengaturan.

Asus ZenBook 14 UX425: Tampilan

Asus ZenBook 14 UX425 dibekali dengan layar Full HD 14 inci dengan bezel tipis 2.9mm di bagian sisinya. Ini menawarkan lebih banyak tampilan layar. Layar menawarkan rasio layar-ke-tubuh 90%. Layar laptop memiliki cakupan gamut warna 100% sRGB dan kecerahan maksimum 300 nits. Reproduksi warna sangat mengesankan dan kami tidak bisa mengeluh tentang sudut pandang juga.

Layar dipisahkan dari sasis utama dengan engsel. Seperti yang kami katakan sebelumnya, titik engselnya kuat sehingga tidak memungkinkan layar goyang.

Asus ZenBook 14 UX425: Kinerja

Laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Ice Lake 10nm terbaru dan menjalankan sistem operasi Windows 10 Home. Ini dipasangkan dengan 16GB RAM DDR4 dan hingga 1TB PCIe 3.0 NVMe SSD. Ia juga menawarkan SSD NVME M.2 terbaru yang diklaim memberikan kinerja hingga 3X lipat dari SSD SATA standar. Laptop ini menawarkan peluncuran aplikasi instan, boot OS yang lebih cepat, dan kinerja keseluruhan yang baik. Perangkat ini memenuhi ekspektasi setiap hari.

Asus ZenBook 14 UX425 hadir dengan teknologi WiFi Master perusahaan dan memiliki konektivitas jaringan nirkabel Intel WiFi 6 built-in. Hal ini memungkinkan transmisi data nirkabel lebih cepat. Dengan fitur WiFi SmartConnect, perangkat secara otomatis terhubung ke router dan memilih AP terbaik.

Berbicara tentang kinerja audio laptop, kualitas suaranya bagus tetapi bukan tingkat suaranya. Menampilkan dual speaker bersertifikasi Harman Kardon, output suara laptop ini jernih. Namun, tingkat suara speaker kurang keras dan hanya dapat memenuhi ruangan kecil. Ini mungkin tidak ideal untuk ruangan besar atau area terbuka.
Laptop ini juga memiliki fungsionalitas Bluetooth 5.0 untuk konektivitas yang lebih baik dengan perangkat berkemampuan Bluetooth.

Salah satu fitur laptop adalah perangkat lunak eksklusif MyAsus yang menawarkan semua aplikasi Asus kepada pengguna di satu tempat. Seseorang dapat mendiagnosis kesehatan sistem, mencari layanan pelanggan, dan menyesuaikan pengaturan sistem untuk pengalaman PC yang dipersonalisasi.

Asus ZenBook 14 UX425: Baterai

Asus ZenBook 14 UX425 memiliki baterai lithium-polymer 67Wh yang diklaim perusahaan mampu bertahan hingga 22 jam. Laptop ini menawarkan pengisian cepat dan dapat mengisi daya hingga 69% dalam waktu kurang dari satu jam. Kami menguji fitur ini dan dapat memperoleh 70% daya baterai tepat dalam satu jam pengisian daya. Laptop ini dapat dengan mudah bertahan lebih dari 14 jam setelah terisi penuh dan ideal untuk pekerja profesional dan pelajar. Seseorang dapat melanjutkan pekerjaannya atau mengikuti kuliah online tanpa khawatir harus mencolokkan perangkat untuk baterai sepanjang waktu.

Kesimpulan

Asus ZenBook 14 UX425 memiliki build yang kuat, desain matte-finish yang bebas goresan dan keyboard dengan lampu latar dengan tombol multifungsi. Faktor bentuknya yang ringkas, prosesor yang cepat, dan masa pakai baterai yang lama dengan dukungan pengisian daya yang cepat tampaknya semakin menegaskan maksudnya. Dibanderol dengan harga Rp17.299.000, laptop ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para penyuka kantoran yang menginginkan perangkat andal dengan performa tangguh dan daya tahan baterai yang lama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *