Realme U1 review: On the right track

  • Whatsapp

Sudah lima bulan yang penting bagi Realme. Untuk merek yang lahir sebagai sub-merek Oppo, Realme telah melakukan semacam peluncuran. Targetnya tetap pada segmen smartphone mid-range dan entry-level serta mengambil alih pesaing China dan Korea lainnya. Penantang terbaru adalah Realme U1. Smartphone ini diluncurkan dalam dua varian RAM dan penyimpanan: 3GB + 32GB dan 4GB + 64GB dengan penyimpanan yang dapat diupgrade hingga 256GB. Realme U1 hadir dalam tiga varian warna: Ambitious Black, Brave Blue, dan Fiery Gold.

Kami harus meninjau varian smartphone Ambitious Black 4GB + 64GB dan inilah cara pengiriman telepon.

Desain Realme U1

Realme U1 memamerkan bodi yang keras dan kokoh dengan sentuhan akhir matte, diapit di antara layar kaca 2.5D dan bagian belakang kaca tahan noda dan sidik jari. Ya, kali ini, baik kaca depan dan belakang memang menunjukkan noda dan sidik jari yang berkeringat, tetapi tidak secepat model Realme lainnya hingga sekarang.

Realme U1 memiliki berat sekitar 168 gram (termasuk baterai). Handset ini memiliki panjang 157mm, lebar 74mm dan tebal 8mm. Memiliki pegangan yang sangat nyaman dan terasa ringan untuk dipegang dengan kedua tangan dan juga dengan satu tangan. Karena bentuknya yang kokoh, U1 tampaknya mampu melakukan beberapa kali kejatuhan dengan langkahnya dan keluar tanpa cedera.

Ini fitur desain takik embun di bagian depan atas, dengan lubang suara dan kamera depan 25MP tunggal yang memiliki sensor Sony IMX576 dengan aperture f / 2.0. Sisi belakang ponsel mengusung pengaturan kamera ganda 13MP + 2MP dengan aperture f / 2.2 + f / 2.4 dan lampu kilat LED, semuanya mengarah ke sisi kiri atas. Di tengah-tengah bagian atas terletak pemindai sidik jari. Logo ‘Realme’ ada di bagian bawah.

Tepi kiri mengusung slot SIM ganda dengan slot microSD khusus dan tombol volume dari atas sedangkan tepi kanan membawa tombol daya.

Tepi bawah memiliki lima lubang kecil melingkar yang berfungsi sebagai speaker, port microUSB, dua lubang kecil untuk mikrofon, dan jack headphone 3.5mm. Tepi atas ponsel tidak memiliki tombol atau lubang mikrofon.

 

Ponsel ini memiliki bezel setebal 4mm, dekat bagian atas dan bawah, dan bezel setebal 1mm di bagian samping.
Realme tampaknya telah mencapai semacam finalitas yang tak terucapkan dalam hal desain smartphone mereka. Realme 2 pertama, lalu Realme 2 Pro, dan sekarang Realme U1, ketiganya dibangun berdampingan dengan desain serupa, dengan Realme 2 Pro paling dekat dengan U1.

Terlepas dari desain U1 yang hampir sepenuhnya mirip jika dibandingkan dengan Realme 2 Pro, ada beberapa perbedaan halus. Sebagai permulaan, pengaturan kamera belakang ganda tertanam sepenuhnya di bodi U1, berbeda dengan yang sedikit dinaikkan di Realme 2 Pro. Hal ini memungkinkan smartphone untuk berbaring telentang dengan sempurna. Selain itu, bagian belakang kaca U1 rata sempurna dan bahkan tidak sedikit melengkung di tepinya, tidak seperti yang sedikit melengkung di Realme 2 Pro.

Mikrofon kali ini memiliki dua lubang melingkar kecil, bukan hanya satu di telepon sebelumnya. Terakhir, tepi atas U1 tidak membawa lubang apa pun untuk mikrofon tetapi ada dua lubang di tepi bawah. Realme 2 Pro memiliki satu di tepi atas dan satu lagi di tepi bawah. U1 juga memiliki kaca belakang yang tidak mendeteksi sidik jari dan noda dengan cepat, berbeda dengan ponsel lain.

Layar

Realme U1 Realme U1 memiliki fitur layar LTPS IPS (In-Cell) LCD FHD + 6,3 inci (16 cm) dengan resolusi layar 2340×1080 dan kerapatan piksel 409 PPI. Tampilan smartphone sudah mendapat aspek rasio 19,5: 9 dan rasio screen-to-body sebesar 90,8%. Panel sentuh terbuat dari 2.5D Gorilla Glass 3.


Seperti model sebelumnya dari perusahaan, smartphone ini juga hadir dengan Kecerahan Otomatis, tiga pengaturan suhu warna layar – Cooler, Default dan Warmer -, Auto Screen Off (15 detik hingga 30 menit), Ukuran Font dan fitur Night Shield.

Fitur kecerahan otomatis membuat layar beradaptasi dengan baik dengan lingkungan ponsel seperti di dalam atau di luar ruangan. Saat fitur ini aktif, kecerahan dioptimalkan secara otomatis jika sangat rendah atau sangat tinggi sesuai dengan lokasi ponsel dalam pengaturan pencahayaan yang berbeda. Anda juga dapat mematikan fitur ini jika Anda ingin menyesuaikan kecerahan layar Anda sendiri.

Berbicara tentang pengaturan suhu warna layar, beralih ke Cooler membuat layar menjadi benar-benar putih kehilangan bahkan sedikit semburat warna, memilih Default menanamkan sedikit semburat warna hangat ke tampilan sementara pengaturan Warmer adalah yang ramah mata dan membuatnya lebih nyaman untuk melihat layar, terutama pada malam hari.

Ketiganya bukan satu-satunya pengaturan warna layar tetapi lebih seperti penanda dan Anda dapat menggeser untuk memilih pengaturan warna apa pun di antara keduanya juga.
Night Shield dimaksudkan untuk melindungi mata Anda dari emisi cahaya Biru yang berbahaya. Anda dapat menjadwalkan pengaturan ini untuk tetap aktif untuk slot waktu tertentu, katakanlah 19:00 hingga 12:00 dan dapat mengatur suhu warna hangat yang disukai yang sesuai dengan tampilan Anda.

Ada tiga efek tampilan yang dapat dipilih — Tampilan dalam Warna, Tampilan Hitam Putih, dan Membaca Nyaman di Malam Hari. Pengaturan pertama mempertahankan warna konten, yang kedua hanya memungkinkan warna hitam dan putih sedangkan yang ketiga menampilkan teks putih dengan latar belakang hitam untuk pembacaan malam hari.

Ada juga pengaturan Notch Area Display Control di mana Anda dapat mematikan Notch Area Display untuk aplikasi tertentu ketika area notch memblokir konten aplikasi.
Saat memiringkan layar di kedua sisi dalam mode potret, itu berubah menjadi warna merah muda muda.
Teks ikon aplikasi cukup tajam dan warna layar cerah. Ada banyak ikon yang tersedia di menu drop-down untuk akses cepat.

Kinerja Realme U1

Ditenagai oleh prosesor octa-core 2.1 GHz MediaTek Helio P70 (ARM Cortex-A73x4, ARM Cortex-A53x4) dengan GPU ARM G72, smartphone menjalankan ColorOS 5.2, berbasis Android Android 8.1. ColorOS kali ini juga telah bebas dari bloatware. Beberapa aplikasi seperti Facebook, UC Browser dan Paytm sudah diinstal sebelumnya. UI bekerja dengan lancar dan menavigasi aplikasi cukup mudah.

Opsi keamanan termasuk sidik jari, wajah dan kode sandi. Tidak ada masalah dengan dua fitur pertama saat kami melalui masing-masing tindakan keamanan untuk melindungi ponsel dari akses yang tidak diinginkan. Namun, fitur buka kunci wajah tidak berfungsi dengan baik di malam hari, saat diuji di luar ruangan.

Fitur Tata Letak Layar Beranda memberi Anda dua fitur untuk dipilih: 4 x 6 dan 5 x 6. Berpindah dari satu ke yang lain mengatur ulang ikon aplikasi dan posisinya tidak dapat dipulihkan. Tata letak terakhir mengakomodasi lebih banyak ikon di layar, mengemasnya lebih dekat.

Saat berada di dalam aplikasi, geser ke atas dengan tiga jari (tiga jari) dari bagian bawah layar untuk menggunakan opsi layar terbagi di mana Anda dapat menggunakan aplikasi lain di paruh kedua layar. Untuk mengakhiri mode layar terpisah, cukup geser ke atas dengan tiga jari lagi.

Menggesek ke bawah dengan tiga jari akan mengambil tangkapan layar yang dapat Anda kirim atau edit dengan segera dan bahkan mengambil tangkapan layar yang panjang. Panjang maksimum halaman yang dapat ditangkap dengan screenshot panjang adalah 1080 x 35539.

Keluaran audio ponsel dapat memenuhi ruangan kecil dengan baik dan suaranya cukup keras dan jernih untuk menonton video atau film di speaker. Ponsel ini hadir dengan Teknologi Suara Asli Asli yang memungkinkan Anda menghadirkan sedikit variasi pada musik yang Anda dengarkan dengan pengaturan ekualiser khusus.
Gaming adalah fitur kuat dari Realme U1, berkat prosesor Helio P70 yang kuat dan pengaturan Realme Game Space yang memungkinkan perangkat menangani game kelas atas dengan baik tanpa banyak gangguan.

Sementara teknologi Game Engine ponsel dikatakan meningkatkan kinerja game dengan pengoptimalan khusus dari game dan perangkat, teknologi Akselerasi Grafik dikatakan untuk mengoptimalkan konfigurasi tampilan game. Ponsel ini memiliki pegangan yang nyaman dan judul seperti PUBG Mobile berjalan dengan baik di perangkat pada grafis HD dan kecepatan bingkai tinggi.

Realme U1 mendapatkan skor 1567 pada tes Single-Core dan 6001 pada tes Multi-Core Geekbench 4. Di AnTuTu, ponsel mendapat skor 144798.

Berbicara soal pilihan konektivitas, Realme U1 sudah mendapatkan slot dual nano-SIM card dengan dukungan kartu microSD, micro-USB, jack audio 3.5mm dan mendukung Wi-Fi 802.11a / b / g / n / ac, 2.4GHz dan 5GHz. . Pilihan konektivitas lainnya adalah Bluetooth 4.2 dan GPS / A-GPS / Glonass.

Pita jaringan yang didukung adalah GSM: 850/900/1800 / 1900MHz, WCDMA: 850/900 / 2100MHz, FDD-LTE: Band 1/3/5/8, TD-LTE: Band 38/40/41 (2535-2655MHz ). Ponsel ini dilengkapi dengan sensor ini: M-sensor, G-sensor, sensor gravitasi, sensor sidik jari, sensor cahaya dan proximity, dan OTG.

Kamera Realme U1

Berbagai fitur kamera yang disediakan Realme U1 bagi pengguna adalah HDR, Super Vivid, efek kedalaman, Smart Beauty, Custom Beauty, dll. Mode kamera yang tersedia adalah Time-Lapse, Sticker, Panorama, dll. Telepon merekam video dalam 720p dan 1080p.

Sekarang, mari kita beralih ke performa kamera. Realme mengeluarkan ponsel ini dengan menggembar-gemborkan kamera selfie 25MP tunggalnya dan bahkan menyebut model Indonesia Selfie Pro. Kamera depan 25MP hadir dengan sensor Sony IMX576 dan aperture f / 2.0. Hasil jepretan selfie pada siang hari, jernih, tajam dan tanpa bintik.

Jepretan selfie yang diambil dengan HDR aktif memang meningkatkan kejernihan bidikan. Mode Super Vivid dalam selfie membuat warna kulit terlihat lebih natural, tetapi juga sedikit mengubah warna pakaian, yang tidak kami sukai. Hal seperti itu juga dapat dicapai dengan alat editor foto. Efek Bokeh memburamkan latar belakang dengan baik, sekaligus mempertahankan tepi objek dalam fokus.

Ponsel Realme memiliki kelemahan besar ini — ketidakmampuannya untuk mengambil gambar dengan baik dalam pengaturan cahaya rendah. ‘Indonesia’s Selfie Pro’ sama sekali tidak profesional dalam hal pengambilan gambar cahaya rendah. Jepretan selfie dalam pengaturan cahaya rendah tidak jelas, dengan pengaturan bintik dalam, dan dalam pengaturan gelap (seperti di jalanan pada malam hari), semuanya tidak bagus sama sekali, dengan gambar yang keluar sangat berbintik dan warna dilucuti pada perbedaan yang berbeda. tambalan kecil.
Realme U1 dilengkapi dengan kamera belakang 13MP + 2MP ganda dengan aperture f / 2.2 + f / 2.4 dan lampu kilat LED.

Jadi, seberapa baik pengaturan kamera belakang bekerja?

Hasil jepretan kamera belakang pada siang hari, saat berada di luar ruangan, menangkap objek yang dekat dengan kamera dengan cukup baik, jelas dan tajam tetapi objek yang jauh terlihat buram dan berbintik di foto. Di dalam ruangan juga, efek yang sama juga terjadi.

Di malam hari, saat berada di luar, hasil jepretan kamera belakang tidak banyak berbintik, tetapi objek di foto tidak tajam dan objek di latar belakang menjadi berbintik.


Singkatnya, kami sekali lagi tidak senang dengan cara ponsel Realme memotret dalam cahaya redup, dengan Realme U1 menjadi model terbaru yang bergabung dalam daftar.

Baterai Realme U1

Ponsel ini dikemas dalam baterai 3500mAh seperti Realme 2 Pro dan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk mengisi penuh karena ponsel tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat. Ponsel sedikit memanas saat mengisi daya.
Itu dapat berjalan selama satu hari dengan pengisian penuh dengan penggunaan sedang (panggilan selama 1-2 jam, menonton video / mendengarkan musik selama 2-3 jam, bermain game sekitar 1 jam, WhatsApping, memeriksa umpan dan surat media sosial). Untuk pengguna ringan, ponsel ini pasti bisa berjalan lebih dari sehari.
Untuk pengguna berat yang suka multitasking, ponsel ini akan memberikan cadangan baterai sekitar 7-8 jam. Pada penggunaan berat terus menerus selama 2-3 jam dan lebih, bagian belakang menjadi sedikit panas. Baterai drop tidak tiba-tiba dan kami tidak menemukan gangguan terkait UI.

 

Kesimpulan

Desain dan kualitas pembuatan Realme U1 sangat mengesankan, meskipun sangat mirip dengan Realme 2 Pro. Ini ringan, baterainya rata-rata bertahan satu hari dan kinerja gimnya lebih dari yang Anda harapkan dari ponsel dengan harga Rp 2.999.000 (varian 4GB + 64GB). Di sisi lain, kinerja kamera di siang hari bisa lebih baik dan di malam hari, jauh lebih baik. Secara keseluruhan, ini adalah ponsel yang seimbang yang tidak akan mengecewakan calon pembeli. Persaingannya ketat tetapi Realme tampaknya berada di jalur yang benar dan Realme U1 adalah teman yang baik di jalur itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *