Pengalaman Dibalik Dinosaurus Google Chrome

  • Whatsapp

Pada tahun 2013, Google menetapkan untuk menunjukkan baru pada Chrome dengan menunjukkan tampilan baru dikala Chrome gagal menyambung ke Internet. Sebastien Gabriel selaku sang desainer ingin menciptakan ikon yang tidak mengintimidasi, namun juga mempunyai simbol gak ada koneksi internet. Hasilnya ialah pixel art berupa sebuah T-Rex yang imut. Sebastien Gabriel juga mendesain ikon-ikon lainnya seperti broken web, error 404, missing page, dan aneka macam ikon yang tak mau ente lihat. Sebastien sendiri juga berharap para pengguna Chrome gak bertemu ikon-ikon yang dia rancangan.

Berdasarkan diskusi untuk chromium.org, ada pengguna yang memposting sebuah kejadian tak terduga untuk sebuah sekolah yang memakai Chromebook sebagai media pembelajaran. Salah seorang siswa dengan sengaja mematikan internet sekolah demi memainkan game ini. Mengingat ketergantungan Chromebook pada internet yang sangat tinggi, kejadian ini mengakibatkan kepanikan para siswa dan guru. Rasanya terdengar konyol, namun pihak Google menyikapi problem tersebut dengan serius. Google alhasil memutuskan untuk menonaktifkan game ini di Chromebook yang terhubung dengan tata cara sekolah.

Kenapa T-Rex?

Beberapa tahun setelah game ini terkenal, banyak orang yang menanyakan “Kenapa sih ikonnya T-Rex?” Berbagai prasangka pun timbul. Ada yang bilang T-Rex ini adalah simbol jaman purba yang tidak ada internet. Ada yang mengira bahwa T-Rex ini adalah simbol replika fosil T-Rex pada markas Google yang berjulukan Stan. Malah ada juga yang mengatakan bahwa T-Rex yang  memilik sosok menakutkan ini menggambarkan keganasan manusia, namun alasannya adalah tangan T-Rex yang teramat kecil, T-Rex digambarkan sering kesulitan untuk meraih sesuatu, seperti manusia yang kesusahan meraih internet. Lantas mana yang benar? Sebastien sendiri gak menerangkan argumentasi rincian kenapa ia menentukan T-Rex selaku ikonnya, jadi, yah, kita memang cuma bisa menebak-nebak saja.

Siapa sangka, dinosaurus yang dibenci banyak orang dan sering terabaikan ini sebetulnya mempunyai banyak dongeng, bahkan menciptakan skandal di sekolah. Seperti yang dikatakan Shinichi Kudo, “Hal-hal yang mudah luput berasal mata, kadang memiliki arti yang lebih penting from apapun.” Setiap ikon yang ente temui pada depan layarmu selalu memiliki arti tersendiri, bukan hanya sekedar tombol atau logo. Misal, pernahkah kamu bertanya kenapa ikon speaker menghadap ke kanan? Ada alasannya adalah juga lho. Buat ente yang sudah tahu, silakan bagikan on disini yak!

 

Source: Google Developer, Chromium

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *