Jasus Bermaksud Menciptakan Hardisk Punah, Diganti Optane Ssd & Cloud

  • Whatsapp

Saat ini hardisk masih menjadi opsi utama bagi yang ingin punya PC dengan kapasitas penyimpanan besar. Tetapi mesti diakui SSD telah jadi incaran bagi yang ingin tampilan kencang. Namun ternyata Intel punya rencana besar tersendiri sehubungan dengan isu terkini media penyimpanan ini. Mereka berencana membuat hardisk punah, SSD tergeser, dan mengganti local storage on PC dengan Optane SSD untuk tata tips trik dan cache file yang sering diakses — dikombinasikan dengan cloud storage untuk backup dan penyimpanan data.

 Bedah Fitur Windows 10 ep.1: File Explorer!

Semakin cepat dan murahnya internet, serta animo cloud yang terus melambung tinggi, menciptakan variasi ini bukan hal yang gak mungkin untuk diraih.

Oke..mungkin sobat protes, “internet murah dan cepat berasal mananya?”. Tetapi percayalah, aku pernah hidup on kala dikala Internet 64kbps biaya langganannya 600 ribu per bulan. Dan dibandingkan dengan dikala itu, pasti internet dikala ini lebih cepat dan lebih murah — lebih memungkinkan untuk terus menerus bertukar data secara online.

Tetapi bukan berarti planning itu siap berlangsung mulus — terlebih bagi kita yang berada di negara meningkat . Setidaknya rencana ini bisa butuh waktu yang panjang untuk terealisasi, dan sukar untuk mampu merata untuk semua golongan.

Membuat Hardisk Punah, Bagaimana Caranya?

Sebenarnya tanpa kamu sadari popularitas hardisk secara perlahan telah mulai digerogoti oleh SSD. Laptop menengah keatas, sekarang telah jarang yang memakai hardisk konvensional. Mayoritas sudah dibekali SSD meskipun kapasitasnya jauh lebih kecil bila daripada hardisk biasa. Tetapi tampilan dan ekonomis energi yang disediakan, menciptakan nyaris semua varian laptop menengah keatas gak lagi menentukan menggunakan hardisk konvensional demi SSD.

Nah, Optane SSD ini merupakan teknologi baru berasal Intel yang menawarkan kecepatan hingga 10x lebih singkat berasal SSD saat ini! Optane SSD ini dibuat untuk jadi solusi antara RAM yang begitu cepat namun kapasitasnya terbatas, atau SSD yang walaupun telah cepat, namun dibandingkan Optane SSD tetap saja jauh lebih lambat. Optane SSD diklaim Intel bakal menggantikan SSD dan DRAM ketika ini! (Baca juga: Cara Mengetahui Tipe Drive Kamu SSD atau HDD untuk Windows)

Rencana besar Intel yakni memindah hardisk dan SSD dikala ini dengan variasi Optane SSD + Cloud Storage. SSD yang ada saat ini bisa digeser fungsinya untuk kebutuhan penyimpanan data di cloud storage, dan hardisk konvensional digeser lagi supaya makin punah.

Mayoritas PC kemudian didorong meninggalkan hardisk dan SSD, untuk menentukan kombinasi Optane SSD + Cloud Storage. Hal ini sangat mungkin terjadi dengan dimulai dari laptop / hybrid kelas atas, kemudian berangsur-angsur meluas ke kelas lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Intel akan membuat Optane SSD lebih singkat, lebih irit energi, lebih powerful, dan makin akrab dengan CPU. Selain itu mereka bisa membuat mengembangkan kapasitasnya, memperkecil ukurannya, bahkan menjadikannya removable. Intel bisa menjadikannya sebagai media penyimpanan mainstream, dan tentu harganya juga bakal dibentuk lebih terjangkau seiring dengan banyaknya seruan.

Solusi Cloud Storage Ada di Windows 10

Rencana besar Intel untuk menimbulkan Optane SSD selaku satu-satunya local storage, bergotong-royong sudah disokong oleh teknologi cloud dari Microsoft. Lihat saja OneDrive ketika ini. Selain sudah terintegrasi on Windows 10 secara eksklusif, OneDrive juga dilengkapi dengan fitur Files on Demand, dimana file kita yang tersimpan on cloud bakal mampu diakses seakan-akan berada on media penyimpanan internal! (Baca: Cara Mengaktifkan Fitur “Files on Demand” on Windows 10)

Kini satu-satunya hambatan untuk merealisasikan visi Intel hanyalah harga Optane SSD itu sendiri yang masih sangat mahal! Optane SSD 900P berkapasitas 280GB contohnya, harganya masih berada on angka 5,5 jutaan rupiah. Padahal selaku bandingannya SSD yang 250GB saja harganya saat Ini hanya 1.3 jutaan kebawah.

Kapan Bisa Terealisasi?

Intel tidak menyatakan kapan mereka ingin visi ini jadi kenyataan, namun yang niscaya hal ini bakal menjadi target jangka panjang Intel.

Di ranah konsumer sendiri, dikala ini kita masih menimbulkan SSD sebagai solusi idola untuk PC dan laptop yang ingin performa kencang, dan hardisk konvensional yang ingin kapasitas besar. Suatu ketika, trend mungkin bisa berganti, dimana Optane SSD siap jadi opsi untuk kecepatan, dan SSD dikala ini jadi opsi untuk kapasitas besar.

Hardisk konvensional? Jika abad itu sudah datang, mungkin kita hanya mampu menemukannya on museum teknologi — atau untuk tempat perdagangan komponen bekas.

Pendapat kau ihwal visi besar Intel ini? Silakan sampaikan on kolom komentar.

via pcworld

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *