Dongeng Silicon Valley #48: Permulaan Pelayaran Nokia Dengan Windows Phone

  • Whatsapp

Pihak-pihak yang terdampak secara langsung oleh pilihan platform Windows mengungkapkan pendapatnya dengan sungguh terang. Di hari pertama pengumuman, ribuan orang berbaris di luar kantor Nokia on Tampere, salah satu pusat pengembangan Symbian (ada 3000 orang yang bekerja untuk pabrik untuk pengembangan Symbian). Kalle Kiili, perwakilan serikat pekerja, mengungkapkan kepada Suomen Tietoimisto, surat kabar besar pada Finlandia, bahwa banyak orang bahwasanya menggunakan jam kerjanya yang fleksibel untuk terus berkonsentrasi pada pengembangan Symbian. Karyawan ini sangat setia kepada Nokia. Kiili berharap bisa diberikan berita dan kejelasan tentang ‘pengurangan biaya’ dan rencana untuk ‘mengembangkan efektivitas’ yang diumumkan pada koordinasi antara Nokia dan Microsoft tersebut.

Reaksi dari MeeGo bahkan lebih kuat. Di sentra pengembangan MeeGo on Ruoholahti, Helsinki, orang-orang nobar acara jumpa pers Nokia dan Microsoft yang berlangsung pada London tersebut melalui webcast dan sebuah televisi layar besar yang dipasang untuk daerah tersebut. Salah seorang saksi menggambarkan suasana selaku beginilah: “Hampir seluruhnya eksklusif berkumpul untuk bar-bar dan tidak kembali melakukan pekerjaan selama berhari-hari. Para pengembang Linux terbaik eksklusif pamit meninggalkan Nokia ahad berikutnya. Perusahaan-perusahaan besar mirip Intel langsung mengantri untuk menerima ‘layanan’ tenaga kerja memiliki potensi ini.”

Media sosial pun memanas. Joe Wilcox from Betanews meringkas hal yang dirasakan banyak orang: Setelah Tunisia, kemudian Mesir, sekarang Nokia (Persamaan ketiga peristiwa itu adalah topan komentar on Twitter sebelum keributan besar-besaran).

 

Memanfaatkan Keriuhan Publisitas

Dua hari sesudah pengumuman kerjasama Nokia dan Microsoft, Nokia harus menghadiri acara mega besar: Mobile World Congress (MWC) di Barcelona. Tentu saja Nokia langsung menjadi ‘bintang’ program tersebut dengan banyaknya wartawan berkerumun mengajukan pertanyaan. Seseorang berasal audiens berteriak: “Apa Anda kuda Troya?” (merujuk pada taktik kuda Troya. Yunani kesusahan menaklukkan Troya yang memiliki benteng terkuat on seluruh benua, lalu menghadiahkan patung kuda raksasa – yang bahu-membahu berisi seluruh pasukan Yunani. Kuda tersebut dimasukkan ke Kota oleh warga, dan hasilnya menjadi permulaan kehancuran Troya). Elop menjawab dengan tenang dan mengungkapkan bahwa keputusan sebesar itu niscaya telah disetujui oleh direksi Nokia, bukan keputusannya sendiri.

Keramaian perihal koordinasi Nokia Microsoft belum menawarkan tanda-tanda mereda. Di hari ketiga MWC 2011 on Barcelona, terjadi kejutan yang mana Elop bergabung dengan Ballmer selama konferensi pers. bersama-sama mereka memastikan kepada para pengunjung bahwa ekosistem Nokia dan Microsoft siap menjadi ekosistem terbaik bagi semua penyuplailayanan jaringan. Elop menjanjikan untuk mendengarkan pemasokjaringan yang cemas akan kekuatan Apple dan Google. Sementara itu pemasokjasa jaringan menjanjikan tips trik gres untuk mengembangkan pemasukan from aplikasi dan layanan mereka sendiri. Prioritas Nokia-Microsoft (kata Ballmer) yakni untuk membuat platform terbaik bagi penyedia jasa jaringan supaya dapat membuat nilai bagi pengguna.

Saat para wartawan menanyakan kepada Ballmer ihwal pendapatnya tentang taktik Nokia, dan bagaimana Nokia memutuskan untuk bergabung dengan Microsoft cuma dalam waktu tiga bulan, Ballmer menjawab dengan penuh bersemangat , “Bagi aku, ini memang sangat cepat. Tak terasa datang-tiba kita sudah berada on sini. Menurut aku ini hal yang mengagumkan!”

Ballmer yaitu salah satu pimpinan korporat global paling ternama. Dia telah lama bekerja untuk sektor Teknologi Informasi dan masih beranggapan bahwa proses pengambilan keputusan Nokia sungguh cepat. Dia sungguh jujur dalam hal itu. Keputusan Nokia diambil dalam waktu tiga bulan, oleh seorang CEO yang ialah mantan karyawan Microsoft – Tidak mengherankan kalau keputusan yang diambil melibatkan Microsoft. Namun benarkah Elop dan timnya punya waktu untuk melihat ‘citra besar menyeluruh’ perihal keputusan yang dipilihnya?

Bicara soal cocoklogi, ada yang unik dalam perjalanan pengambilan keputusan Nokia ini, mulai berasal dipecatnya Kallasvuo. Anssi Vanjoki mengumumkan ‘diistirahatkan’-nya Kallasvuo pada tanggal 10 Oktober 2010 (10-10-10) – Deretan tiga angka sepuluh yang manis. Sementara itu, Nokia menginformasikan koordinasi dengan Microsoft pada tanggal 11 Februari 2011 (11.02.2011) – Ini adalah deretan angka palindrome, dibaca berasal depan dan belakang tetap sama!


Petualangan Nokia dengan Windows Phone sudah dimulai. Saksikan serunya Nokia meraih puncak penjualan perangkat Windows Phone untuk kemudian terhempas on Kisah Silicon Valley #49 – Kejayaan dan Kejatuhan Bersama Windows Phone.

 

Referensi:

Nykanen, Pekka & Salminen, Merina. (2015). Operatioo Elop. Nokian matkapuhelinten viimeiset vuodet.  

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *